Dec 13, 2010

Sikap Pramugari Pesawat Garuda

Kompas.com - Pada tanggal 7 November 2010 saya menumpang pesawat Garuda GA 603 pukul 17.20 dari Makassar menuju Jakarta. Selama penerbangan, penumpang di sebelah saya sibuk mengetik kalimat di Blackberry-nya. Sebagai penumpang yang khawatir dengan keselamatan penerbangan ini, saya menyampaikan hal tersebut kepada pramugari.

Peramugari hanya melihat sekilas kepada penumpang yang sibuk dengan Blackberry messenger-nya, dan berkata dengan santai: ”Kalau di atas begini tidak apa-apa menyalakan HP karena tidak ada sinyal. Yang tidak boleh itu adalah saat landing atau take off.”

Saya bingung dengan penjelasan ini karena sepengetahuan saya, dan itu sudah diumumkan sebelum naik pesawat ataupun saat peraturan penerbangan sipil disetel di dalam kabin, ”tidak boleh mengaktifkan telepon seluler selama penerbangan”.

Akhirnya saya sendiri menegur ibu yang terus sibuk dengan Blackberry-nya, dan jawabannya kurang lebih sama: ”Ini, kan, enggak ada sinyal, jadi aman.” Saat akan landing, si ibu meletakkan Blackberry-nya di dalam tas tanpa mematikannya, dan sesaat sebelum roda pesawat menyentuh landasan, terdengar bunyi ”cling” tanda pesan masuk dari dalam tas ibu tersebut, menandakan Blackberry-nya telah mendapatkan sinyal sempurna.

DEWI INDAH SARI Villa Ilhami Jalan Mina III, Tangerang


No comments:

Post a Comment