May 23, 2012

Penemu Remote TV Meninggal Dunia

Liputan6.com - Eugene Polley, penemu remote televisi, meninggal dunia dalam usia 96 tahun di sebuah rumah sakit di Chicago, Amerika Serikat, Ahad lalu. Demikian dikatakan juru bicara Zenith Electronics John Taylor di Chicago, seperti dilaporkan Associated Press, Selasa (22/5).

Taylor mengatakan, Polley selalu bangga dengan penemuan teknologi canggihnya itu hingga akhir hayatnya. Ia selalu menunjukan remote asli karyanya Flash-Matic kepada para tamu yang mengunjungi apartemennya dan bagaimana teknologi itu bisa memengaruhi teknologi remote saat ini.

"Ia juga bangga punya TV berlayar flat dan remote modern saat ini," kata Taylor. "Ia selalu menjaga remote asli karyanya itu."

Warga Chicago itu dan rekan insinyurnya di Zenith, Robert Adler, pernah diiberikan penghargaan Emmy Award pada 1997 sebagai pencetus pertama teknologi remote TV. Pada 2009, ia juga menerima penghargaan Masaru Ibuka Consumer Electronics Award dari Institute of Electronic and Electrical Engineers (IEEE).

Selama 47 tahun karirnya sebagai insinyur, Polley sudah memperoleh 18 hak paten di AS. Di Zenith, karirnya berawal sebagai penjaga gudang. Polley juga pernah mengerjakan teknologi radar untuk Departemen Pertahanan AS selama Perang Dunia II. Ia membantu mengembangkan radio push-button untuk mobil dan video disk, pelopor DVD saat ini.

No comments:

Post a Comment