May 25, 2012

Samsung Galaxy S III Kurang Memuaskan?

Selular.co.id - Banyak yang mengelu-elukan smartphone premium terbaru jebolan dari Samsung ini. Samsung Galaxy S III memang hadir dengan dengan sejumlah fitur kelas atas yang handal. Produsen asal Korea selatan inipun menempatkannya sebagai smartphone premium yang paling diandalkan untuk Tahun 2012 ini. Samsung telah menyiapkannya menjadi yang terbaik di kelasnya. Beberapa keunggulan yang menjadi andalan di antaranya adalah mengusung layar sentuh lebar berukuran 4,8 inch Super HD AMOLED 1280 X 720 pixel, kamera 8 MP, RAM 1 GB, prosesor quad-core Exynos 1,4 Ghz serta sistem operasi Android 4.0 ini.

Dibalik segala kecanggihannya tersebut, ternyata masih ada yang kurang puas dengan Samsung Galayx S III. Beberapa rekan media yang SELULAR Online temui di acara peluncuran Samsung Galaxy S III kemarin di Jakarta menyampaikan alasannya. Salah satunya adalah wartawan dari media online terkemuka yang mengatakan, "Sayang sekali dengan fiturnya yang hebat itu, desainnya kurang menarik." Menurutnya, kehadiran smartphone ini seperti anti klimaks, karena sebelum peluncurannya pemberitaan yang terus menerus mengenai produk ini semakin mengundang rasa ingin tahu konsumen maupun wartawan sehingga ekspektasinya pun tinggi. Dan ekspekstasi itu turun ketika mengetahui desain smartphone - yang merupakan kesan pertama ketika melihat suatu produk - kurang istimewa.

Spesifikasi yang diberikan pun juga tidak beda jauh dengan kompetitor terkuatnya di kelas yang sama. Sehingga tidak mampu menciptakan kesan "wow". Dia justru lebih menyukai desain Samsung Galaxy S II yang terkesan lebih ekslusif dan mewah. SELULAR Online pun juga merasakan hal yang sama ketika memegang smartphone ini untuk beberapa saat.

Namun, pihak Samsung justru menganggap desain Samsung Galaxy S III ini bagus. Perusahaan asal Korea ini menyebut generasi ketiga Samsung Galaxy S ini didesain untuk manusia dan diinspirasi dari alam. Maksudnya didesain untuk manusia adalah kemampuan untuk mengenali suara dan mengerti keinginan penggunanya.

"Cover baterai Samsung Galaxy S III menggunakan bahan Polycarbonate berkualitas tinggi yang lebih ringan dan solid dibanding plastik biasa," kata Andry Sutamto, Product Marketing Manager Mobile PT Samsung Electonics Indonesia di acara media workshop Samsung Galaxy S III di Jakarta (22/5/2012). Andry menjelaskan bahwa elemen alam yang menginspirasi desain smartphone ini adalah pepohonan, angin, dedaunan, kerikil, dan air. Penerapannya adalah pada desain ramping yang bertepi melengkung, memberikan kenyamanan menggenggam sehingga bisa untuk mengontrol semua fitur hanya dengan satu tangan. Themes UI dan nada dering juga bernuansa alam. Begitu juga dengan pilihan warna yang diklaim mewakili desain nuansa alam yaitu pebble blue dan marble white. Perbedaan pandangan bisa saja terjadi. Bagaimanapun juga, konsumenlah yang menentukan nanti akan menyukainya atau tidak.

No comments:

Post a Comment